Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel

Ciri-Ciri Semangat Kerja

Bu Farida mengajak murid-murid kelas III mengunjungi toko Anugerah. Toko anugerah adalah toko swalayan terlengkap di kota. Pemilik toko itu adalah Pak Anwar, dahulu adalah murid Bu Farida.

Pagi itu pukul 09.00, anak-anak kelas III berkumpul di halaman sekolah untuk berangkat bersama-sama ke toko Anugerah. Mereka berangkat bersama didampingi Bu Farida, guru kelas III. Setengah jam kemudian sampailah rombongan murid kelas III di toko Anugerah. Di sana mereka disambut dengan baik oleh Pak Anwar, pemilik toko.

Anak-anak dipersilakan masuk toko dan melihat-lihat barang yang dijual di toko itu. Mulai dari perlengkapan sekolah, kantor, alat-alat permainan, hingga keperluan rumah tangga. Toko itu memiliki banyak karyawan atau pramuniaga. Selanjutnya, anakanak diajak menuju ruangan besar di belakang toko. Ruangan ini biasanya disewakan kepada masyarakat untuk berbagai keperluan, seperti rapat, pesta pernikahan, dan seminar. Di ruang ini anak-anak dipersilakan duduk. Mereka merasa nyaman dan sejuk karena ruangan ini diberi AC (penyejuk ruangan). Selanjutnya, Pak Anwar menceritakan kisah suksesnya.

Sepuluh tahun yang lalu Pak Anwar hanyalah seorang pedagang kaki lima. Ia berjualan di pinggir jalan. Bila hujan ia harus segera menutup dagangannya agar tidak basah terkena air hujan. Hasil keuntungannya hanya sedikit. Namun, Pak Anwar adalah orang yang pandai berhemat dan jujur. Keuntungannya dari berdagang ditabung sedikit demi sedikit. Setelah hasil tabungannya cukup banyak, ia pun menyewa kios.

Dagangan Pak Anwar mulai bertambah banyak. Para pelanggan pun mulai berdatangan ke kiosnya. Beberapa tahun kemudian, kios yang disewa itu dapat dibeli serta kemudian dibangun dan diperluas. Kios itu tak lain menjadi toko Anugerah yang sekarang ditempatinya.

Itulah contoh kisah sukses seseorang. Sukses itu dapat diraih karena adanya semangat. Kunci keberhasilan Pak Anwar adalah karena ia suka bekerja keras, tidak malas, jujur dan tidak mudah mengeluh.

Selain itu, Pak Anwar juga disiplin baik dalam bekerja maupun dalam menggunakan uang. Selain ulet, bersedia bekerja keras, dan disiplin, juga diperlukan kejujuran untuk meraih sukses. Dengan kejujuran, kita akan dipercaya, teman, pelanggan, dan bahkan orang lain yang tidak kita kenal. Jika kita sudah mendapat kepercayaan dari orang lain, maka peluang menuju keberhasilan akan makin terbuka. Hal itu berlaku dalam bidang apa pun.

Nah, jika kamu ingin berhasil dalam pelajaran sekolah, sukses meraih cita-cita, dan sukses pula dalam pekerjaanmu setelah dewasa kelak, kamu perlu mencontoh sifat dan sikap Pak Anwar di atas. Artinya, kamu harus selalu bersemangat serta siap bekerja keras, disiplin, dan jujur dalam belajar dan bergaul, baik di sekolah maupun di rumah.
Show Comments

Bottom Ads