Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel

Ciri-Ciri Pohon Ketapang dan Beberapa Manfaatnya Bagi Manusia

Pohon Ketapang. Pohon ketapang salah satu pohon yang dapat tumbuh subur di Indonesian. Tumbuhan ini merupakan tumbuhan yang sering anda lihat di pantai-pantai di Indonesian. Pohonnya tidak terlalu tinggi dan daunnya yang banyak menjadikan pohon ini tempat untuk berteduh di siang hari yang panas.

Pohon ketapang juga sering di tenam-taman kota atau pinggiran jalan, dengan tujuan menjadi pohon peneduh bagi para manusia. Tapi ternyata banyak diantara kita belum mengetahui pohon ketapang, padahal sebenarnya mereka pernah melihat hanya saja mereka tidak tahu nama dari pohon tersebut.

Untuk itu di kesempatan kali ini mari kita belajar bersama-sama untuk mengetahui ciri-ciri dari pohon ketapang.

Daun

Daun ketapang memiliki ukuran daun yang besar dan bulat di ujungnya lancip. Di bagian daun memiliki tulang daun. Panjang daun kisaran 3.5-15 cm dan lebar daun kisaran 2.5-9 cm. Daunnya berwarna hijau seperti daun pada umumnya.

Bunga

Bunga ketapang memiliki mahkota bunga yang berwarna kuning. Sementara ujung kuncup pada tandan berwarna coklat muda.

Buah dan biji

Buah ketapang berbentuk bulat seperti polong yang memiliki warna hitam. Sementara biji kretapang yang masih muda berwarna hijau dan ketika tua biji akan berubah menjadi warna hitam. Bentuk dari biji ketapang segitiga lancip dan putih.

Batang

Batang pohon ketapang biasanya memiliki tinggi 5 meter, bentuk kayu bulat, simpodial dan berwarna coklat kotor. Termasuk salah satu pohon yang berkayu keras.

Akar

Akar dari pohon ketapang termasuk akar tunggang yang berbentuk bulat dan berwarna hitam.

Sementara manfaat dari pohon ketapang bagi manusia, memiliki manfaat yang cukup banyak diantaranya yaitu

- Biji ketapang bermanfaat untuk bahan pengganti amandel atau almond dalam kue-kue.

- Daun ketapang dapat bermanfaat untuk menyamak kulit, sebagai bahan pewarna hitam. Dan juga bahan pembuat tinta.

- Batang ketapang dapat bermanfaat sebagai penutup lantai atau venir, digunakan sebagai bahan pembuatan kayu, dan digunakan sebagai ramuan rumah.

Show Comments

Bottom Ads