1. Extension of the sense of self. Meningkatkan kesadaran diri dan melihat sisi lebih dan kurang dari diri
2. Warm relatedness to other. Mampu menjalin relasi yang hangat dengan orang lain. Allport membedakannya menjadi intimacy ( keintiman ) dan compassion ( kecintaan ). Keintiman merupakan kemampuan orang mencintai keluarga atau teman. Sedangkan kecintaan merupakan kemampuan orang untuk mencintai keluarga, teman dan orang lain. Guru yang memiliki ciri ini biasanya mempunyai banyak relasi, tidak hanya sebatas relasi di sekolah, tetapi juga relasi di lingkungan social.
3. Self acceptance. Memiliki kemampuan untuk mengontrol emosi dan mampu menjauhi sikap berlebihan. Biasanya, guru yang memiliki ciri ini mempunyai toleransi tinggi terhadap frustasi dan mau menerima apa yang ada dalam dirinya
4. Relasi perception of reality. Memiliki persepsi yang realististerhadap kenyataan. Guru yang memiliki ciri ini berorienasi pada persoalan riil yang dihadapi, bukan pada diri sendiri
5. Self objectification. Memiliki pemahaman akan diri sendiri. Guru dengan ciri ini biasanya mengetahui kemampuan dan keterbatasan dirinya. Selain itu, dia juga memiliki sense of humor ( rasa humor ). Ketika dia mempunyai masalah maka dia mampu memecahkan masalah yang pelik tersebut dengan cara yang sederhana diselingi unsur humor.
6. Unifying philosophy of life ( filsafat hidup yang mempersatukan ). Memilki pedoman hidup untuk menyatukan nilai-nilai yang kuat dalam kehidupan. Guru dengan ciri ini biasanya memiliki kematangan dalam membangun pemahaman tentang tujuan hidup