Menurut Gary A. Davis dan Margaret A. Thomas ( 1989 ) guru efektif dikelompokkan menjadi empat kelompok besar yaitu
1) Memiliki kemampuan yang terkait dengan iklim belajar di kelas, yang dapat dirinci lagi menjadi
- Memiliki ketermpilan antarpersonal, khususnya kemampuan menunjukempati, penghargaan kepada peserta didik dan ketulusan
- Memiliki hubungan baik dengan siswa
- Mampu menerima, mengakui dan memperhatikan siswa secara tulus
- Menunjukkan niat dan antusiasme yang tinggi dalam mengajar
- Mampu menciptakan atmosfir untuk tumbuhnya kerja sama dan kekohesifan antarkelompok siswa
- Mampu melibatkan siswa dalam mengorganisasikan dan merencanakan kegiatan pembelajaran
- Mampu mendengarkan siswa dan menghargai hak siswa untukberbicara dalam setiap diskusi
- Mampu meminimalkan friksi-friksi di kelas jika ada
2) Kemampuan yang terkait dengan strategi manajeman pembelajaran yang meliputi
- Memiliki kemampuan untuk menghadapi dan menangani siswa yang tidak memiliki perhatian, suka menyela, mengalihkan pembicaraan dan mampu memberikan transisi substansi bahan ajar dalam proses pembelajaran
- Mampu bertanya atau memberikan tugas yang memerlukan tingkatan berpikir yang berbeda untuk semua siswa
3) Memiliki kemampan yang terkait dengan pemberian umpan balik ( feedback ) dan penguatan ( reinforcement ) yang meliputi
- Mampu memberikan umpan balik yang positif terhadap respon siswa
- Mampu meberikan respons yang bersifat membantu terhadap siswa yang lamban belajar
- Mampu memberikan tindak lanjut terhadap jawaban siswa yang kurang memuaskan
- Mempu memberikan bantuan profesional kepada siswa jika diperlukan
4) Memiliki kemampuan yang terkait peningkatan diri yang meliputi
- Mampu menerapkan kurikulum dan metode mengajar secara inovatif
- Mampu memperluas dan menambah pengetahuan mengenai metode-metode pengajaran
- Mampu memanfaatkan perencanaan guru secara kelompok untuk menciptakan dan mengembangkan pengajaran yang relavan