Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel

Ciri – Ciri Bunga Melati Dan Manfaatnya

Ciri – Ciri Bunga Melati Dan Manfaatnya
Ciri – Ciri Bunga Melati Dan Manfaatnya
Melati Putih, jika berbicara tentang jenis tanaman ini mungkin sudah taka sing lagi di telinga kita. Mengapa demikian karena bunga melati putih dapat tumbuh di Indonesia dan banyak juga orang yang menanam bunga melati di halaman rumah mereka sebagai tanaman hias yang memiliki bau yang sangat harum ketika berbunga.

Bunga melati merupakan salah satu bunga yang dapat tumbuh di Indonesia dengan subur. Bunga ini merupakan bunga yang sangat diminati para wanita. Baunya yang has menjadikan bunga ini sering dijadikan bunga untuk keperluan pernikahan, media mandi untuk mayit bahkan sering kali di jadikan sebagai bunga untuk keperluan santet menyantet.

Bunga melati memiliki nama klasifikasi ilmiah yaitu berasal dari kingdom plantae, divisi magnoliophyta, kelas, magnoliopsida, ordo lamiales, family, oleaceae,  genus jasminum, spesies  J sambac, dan memiliki nama binomial Jasminum sambac. Bunga melita terhitung memiliki 200 spesies yang dapat tumbuh di daerah tropis berikut beberapa jenis melati jasmines rex, jasmines mensy, jasmines elongatum, jasminesparkeri, jasmines multiflorum, jasmines simplicifolium dan jenis-jenis lainnya. Sementara di Indonesia sendiri jenis bunga melati yang sangat terkenal yaitu melati putih. Langsung saja berikut ciri-ciri dari bunga melati

1. Bunga melati di Indonesia pada umumnya memiliki warna putih, dan tumbuhan bunga melati akan tumbuh dengan mencapai ketinggian 2 meter

2. Bunga melati termasuk bunga tunggal atau berpasangan dan bunga ini memiliki 7 sampai 10 ruas kelopak dengan panjang 2,5 sampai 7 mm.

3. Bunga melati terlihat tampak seperti payung dengan batang bunga berwarna hijau dengan tinggi kurang lebih 3 cm dan atasnya merupakan 5 mahkota bunga yang bentuknya lonjong atau seperti bundar telur.

4. Bunga melati memiliki akar tunggang yang berbuku-buku, tidak rata, dan tidak berserat.

5. Bunga melati memiliki wangi yang sangat harus sekali dan harunya pun bisa tahan lama

6. Bunga melati dapat tumbuh pada daerah beriklim tropis seperti di Indonesia


Manfaat Dari Bunga Melati

Manfaat bunga melati  dapat kita gunakan sebagai tanaman obat namun jika kita dapat menggunakannya dengan baik maka bunga melati akan berkhasiat dalam pengobati antiradang, melegakan nafas, merangsang keluarnya keringat. Selain itu bunga melati dapat diolah menjadi minuman teh melati yang enak diminum.

Sementara akar bunga melati pun dapat dijadikan sebagai obat sakit gigi, sakit kepala, nyeri karena tulang patah, dan bengkak. Dan untuk daun bunga melati dapat dijadikan sebagai obat demam, diare, flu, bisul dan sebagai obat penghenti ASI.

Nah sahabat blog mengenalciriciri di atas merupakan ciri-ciri dari bunga melati. Selain memiliki bau yang harum dan warna yang indah ternyata bunga melati juga memiliki manfaatnya seperti dapat dijadikan 
Show Comments

Bottom Ads