Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel

Teknik Budi Daya Unggas Petelur

Teknik Budi Daya Unggas Petelur
Teknik Budi Daya Unggas Petelur
1. Penyediaan Kandang 

Penyediaan kandang harus disiapkan terlebih dahulu sebelum bibit itik datang. Kandang sebagian diberi atap, sebagian lagi dibiarkan terbuka dan hanya dibatasi pagar keliling. Bagian kandang yang beratap dipakai untuk tidur dan bertelur. Itulah sebabnya, pada pembuatan kandang itik, lantai kandang perlu diberi alas sekam, jerami, atau bahan lain.

2. Penyediaan Bibit 

Penggunaan itik petelur yang unggul sangat penting, sebab produksi telur dipengaruhi 30% oleh sifat-sifat genetisnya dan 70% oleh lingkungan pemeliharaan ( perkandangan, pakan, dan tala laksana pemeliharaan sehari-hari ). Artinya jika ada salah satu perawatan yang kurang akan berpengaruh terhadap keberhasilan usaha peternakan itik secara keseluruhan.

3. Penyediaan Pakan

Pakan merupakan campuran dari beberapa bahan baku pakan yang dihasilkan dari hasil olahan industri pertanian.

4. Pemeliharaan

Pemeliharaan unggas petelur dapat dilakukan, antara lain sebagai berikut 

  • Pemberian pakan
Rekomendasi yang tersedia saat ini dikelompokkan berdasarkan umur, yaitu pakan starter untuk itik berumur 0-6 minggu, pakan grower untuk itik berumur 9-20 minggu, dan pakan petelur untuk itik berumur lebih dari 20 minggu.
  • Kebutuhan air
Air merupakan gizi yang sangat penting bagi seluruh jenis ternak. Oleh karena itu, mutu air akan menentukan tingkat kesehatan ternak itik. Air yang sesuai untuk konsumsi manusia pasti juga sesuai untuk konsumsi itik. Jumlah kebutuhan air untuk unggas secara umum termasuk ternak itik diperkirakan sebanyak 2 kali dari kebutuhan pakan per ekor per hari
  • Pengendalian penyakit 
Pencegahan penyakit pada unggas bisa dilakukan dengan pemeliharaan kebersihan lingkungan kandang, penaburan kapur di lantai kandang, pembersihan kandang agar terbebas dari serangga. 

Pengobatan hanya dapat dilakukan dengan memberikan antibiotik yang dicampurkan dalam air minum atau pakan. Aksinasi merupakan salah satu cara pengendalian penyakit virus yang menular dengan cara menciptakan kekebalan tubuh. Pemberiannya secara teratur sangat penting untuk mencegah penyakit.



5. Panen

Hasil utama usaha ternak itik petelur adalah telur itik dan hasil tambah berupa induk akhir, itik jantan sebagai ternak daging dan kotoran ternak sebagai pupuk tanaman.

6. Pascapanen

Kegiatan pascapanen yang biasa dilakukan adalah pengawetan. Dengan pengawetan maka nilai ekonomis telur itik akan lebih lama dibandingkan jika tidak dilakukan pengawetan. Telur yang tidak diberikan perlakuan pengawetan hanya dapat tahan 14 hari jika disimpan pada temperatur ruangan bahkan akan segera membusuk.
Show Comments

Bottom Ads